Coding Program Menu Matematika

Ada lagi nih, untuk coding dibawah ini adalah coding program menu matematika, menu tersebut diantaranya luas lingkaran, luas segitiga, bilangan ganjil dan genap, dan akar persamaan kuadrat. semoga bermanfaat :)



program Menu_yang_jalan;
uses wincrt;
label
     awal;
var
 NoPilihan,r,x,a,b,c,d: integer;
 luas,alas,tinggi,l,x1,x2: real;
 Y,N,coba:char;

begin
clrscr;
awal:
 writeln ('                             Menu Utama Program Kami');
 write (' ');
 write (' ');
 writeln (' ');
 writeln ('1. Menghitung luas Segitiga');
 writeln ('2. Menghitung Luas Lingkaran');
 writeln ('3. Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap');
 writeln ('4. Menentukan Akar Persamaan kuadrat');
 writeln ('5. Keluar');
 write ('Masukkan Menu Pilihan Anda 1/2/3/4/5 : ');
 readln (NoPilihan);
 case nopilihan of                        

 1    :begin
      repeat
      clrscr;        
      writeln ('                             Mencari Luas Segi Tiga');
      writeln (' ');
      writeln (' ');
      write ( 'Masukan alas segi tiga = ');readln (alas);
      write ('Masukan tinggi segi tiga = ');readln (tinggi);
      luas := alas*tinggi/ 2;
      writeln ('Luas segi tiganya adalah = ',luas:0:2);
     
      writeln ('coba lagi? (Y or N):  '); readln (coba);

      until (coba = 'N') or (coba = 'n');
      clrscr;
        goto awal;
      end;

 2    :begin

       repeat
       clrscr;

       writeln ('                            Menghitung Luas Lingkaran');
       writeln (' ');
       writeln (' ');
       write ('Silahkan masukan jari-jari lingkaran = ');readln (r);
       l:= pi*r*r;
       writeln ('jadi luas lingkarannya adalah =',l:0:1);

       write ('coba lagi? (Y or N):  '); readln (coba);

       until (coba = 'N') or (coba = 'n');
       clrscr;
        goto awal;
       end;

 3     :begin

        repeat
        clrscr;                    
        writeln ('                  Menentukan Bilangan Ganjil dan Bilangan Genap');
        writeln (' ');
        writeln (' ');

        write ('Masukkan Bilangan : '); readln(x);

        if (x mod 2 = 1) then

        writeln ('Bilangan Ganjil')

        else

        writeln ('Bilangan Genap');

        write ('coba lagi? (Y or N):  '); readln (coba);

        until (coba = 'N') or (coba = 'n');
        clrscr;
        goto awal;

        end;

 4      :begin
        repeat
        clrscr;

        writeln ('                         Mencari Akar Persamaan Kuadrat');
        writeln (' ');
        writeln (' ');
        writeln ('Bentuk Persamaan Kuadrat : ax^2+bx+c=0');
        write ('Masukkan Nilai a = ') ;readln (a);
        write ('Masukkan Nilai b = ') ;readln (b);
        write ('Masukkan Nilai c = ') ;readln (c);

        d:= (b*b) - (4*a*c);

        writeln (' D = ', d);

        if d<0 then
        begin
        writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai Akar yang Immaginier');

        end
         else
         if d=0 then
         begin
         writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai Akar yang Sama');
         x1:= (-b)/(2*a);
         writeln('x1,x2 = ', x1:0:2);
   
        end
         else
         if d>0 then
         begin
        writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai 2 Akar Real yang Berbeda');
        x1:= ((-b)+sqrt(d))/(2*a);
        x2:= ((-b)-sqrt(d))/(2*a);
        writeln ('x1 = ',x1:0:2);
        writeln ('x2 = ',x2:0:2);
        end;


        write ('coba lagi? (Y or N):  '); readln (coba);

        until (coba = 'N') or (coba = 'n');
        clrscr;
        goto awal;
      end;



5      :begin
       clrscr;
       writeln ('                   Terima Kasih Sudah Menggunakan Program Kami');
       
     

       end;


 end;



end.

Comments