Ada lagi nih, untuk coding dibawah ini adalah coding program menu matematika, menu tersebut diantaranya luas lingkaran, luas segitiga, bilangan ganjil dan genap, dan akar persamaan kuadrat. semoga bermanfaat :)
program Menu_yang_jalan;
uses wincrt;
label
awal;
var
NoPilihan,r,x,a,b,c,d: integer;
luas,alas,tinggi,l,x1,x2: real;
Y,N,coba:char;
begin
clrscr;
awal:
writeln (' Menu Utama Program Kami');
write (' ');
write (' ');
writeln (' ');
writeln ('1. Menghitung luas Segitiga');
writeln ('2. Menghitung Luas Lingkaran');
writeln ('3. Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap');
writeln ('4. Menentukan Akar Persamaan kuadrat');
writeln ('5. Keluar');
write ('Masukkan Menu Pilihan Anda 1/2/3/4/5 : ');
readln (NoPilihan);
case nopilihan of
1 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Mencari Luas Segi Tiga');
writeln (' ');
writeln (' ');
write ( 'Masukan alas segi tiga = ');readln (alas);
write ('Masukan tinggi segi tiga = ');readln (tinggi);
luas := alas*tinggi/ 2;
writeln ('Luas segi tiganya adalah = ',luas:0:2);
writeln ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
2 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Menghitung Luas Lingkaran');
writeln (' ');
writeln (' ');
write ('Silahkan masukan jari-jari lingkaran = ');readln (r);
l:= pi*r*r;
writeln ('jadi luas lingkarannya adalah =',l:0:1);
write ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
3 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Menentukan Bilangan Ganjil dan Bilangan Genap');
writeln (' ');
writeln (' ');
write ('Masukkan Bilangan : '); readln(x);
if (x mod 2 = 1) then
writeln ('Bilangan Ganjil')
else
writeln ('Bilangan Genap');
write ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
4 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Mencari Akar Persamaan Kuadrat');
writeln (' ');
writeln (' ');
writeln ('Bentuk Persamaan Kuadrat : ax^2+bx+c=0');
write ('Masukkan Nilai a = ') ;readln (a);
write ('Masukkan Nilai b = ') ;readln (b);
write ('Masukkan Nilai c = ') ;readln (c);
d:= (b*b) - (4*a*c);
writeln (' D = ', d);
if d<0 then
begin
writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai Akar yang Immaginier');
end
else
if d=0 then
begin
writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai Akar yang Sama');
x1:= (-b)/(2*a);
writeln('x1,x2 = ', x1:0:2);
end
else
if d>0 then
begin
writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai 2 Akar Real yang Berbeda');
x1:= ((-b)+sqrt(d))/(2*a);
x2:= ((-b)-sqrt(d))/(2*a);
writeln ('x1 = ',x1:0:2);
writeln ('x2 = ',x2:0:2);
end;
write ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
5 :begin
clrscr;
writeln (' Terima Kasih Sudah Menggunakan Program Kami');
end;
end;
end.
program Menu_yang_jalan;
uses wincrt;
label
awal;
var
NoPilihan,r,x,a,b,c,d: integer;
luas,alas,tinggi,l,x1,x2: real;
Y,N,coba:char;
begin
clrscr;
awal:
writeln (' Menu Utama Program Kami');
write (' ');
write (' ');
writeln (' ');
writeln ('1. Menghitung luas Segitiga');
writeln ('2. Menghitung Luas Lingkaran');
writeln ('3. Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap');
writeln ('4. Menentukan Akar Persamaan kuadrat');
writeln ('5. Keluar');
write ('Masukkan Menu Pilihan Anda 1/2/3/4/5 : ');
readln (NoPilihan);
case nopilihan of
1 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Mencari Luas Segi Tiga');
writeln (' ');
writeln (' ');
write ( 'Masukan alas segi tiga = ');readln (alas);
write ('Masukan tinggi segi tiga = ');readln (tinggi);
luas := alas*tinggi/ 2;
writeln ('Luas segi tiganya adalah = ',luas:0:2);
writeln ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
2 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Menghitung Luas Lingkaran');
writeln (' ');
writeln (' ');
write ('Silahkan masukan jari-jari lingkaran = ');readln (r);
l:= pi*r*r;
writeln ('jadi luas lingkarannya adalah =',l:0:1);
write ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
3 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Menentukan Bilangan Ganjil dan Bilangan Genap');
writeln (' ');
writeln (' ');
write ('Masukkan Bilangan : '); readln(x);
if (x mod 2 = 1) then
writeln ('Bilangan Ganjil')
else
writeln ('Bilangan Genap');
write ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
4 :begin
repeat
clrscr;
writeln (' Mencari Akar Persamaan Kuadrat');
writeln (' ');
writeln (' ');
writeln ('Bentuk Persamaan Kuadrat : ax^2+bx+c=0');
write ('Masukkan Nilai a = ') ;readln (a);
write ('Masukkan Nilai b = ') ;readln (b);
write ('Masukkan Nilai c = ') ;readln (c);
d:= (b*b) - (4*a*c);
writeln (' D = ', d);
if d<0 then
begin
writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai Akar yang Immaginier');
end
else
if d=0 then
begin
writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai Akar yang Sama');
x1:= (-b)/(2*a);
writeln('x1,x2 = ', x1:0:2);
end
else
if d>0 then
begin
writeln ('Persamaan Kuadrat Tersebut Mempunyai 2 Akar Real yang Berbeda');
x1:= ((-b)+sqrt(d))/(2*a);
x2:= ((-b)-sqrt(d))/(2*a);
writeln ('x1 = ',x1:0:2);
writeln ('x2 = ',x2:0:2);
end;
write ('coba lagi? (Y or N): '); readln (coba);
until (coba = 'N') or (coba = 'n');
clrscr;
goto awal;
end;
5 :begin
clrscr;
writeln (' Terima Kasih Sudah Menggunakan Program Kami');
end;
end;
end.
Comments
Post a Comment